Dampak Komunitas Sosial Online pada Bisnis Anda

Dampak Komunitas Sosial Online pada Bisnis Anda. 

Ketika berbicara tentang komunitas sosial online, orang secara alami tertarik padanya. Manusia, secara naluriah, adalah makhluk sosial. Mereka merasa nyaman berada dalam kelompok dan mereka saling memberikan energi satu sama lain serta suka berbagi ide (di antara hal-hal lain).

Terlibat dan Berinteraksi adalah Hal yang Penting

Anda tentu membutuhkan orang lain untuk berhasil dalam bisnis. Bahkan, tanpa mereka, Anda tidak akan memiliki bisnis sama sekali. Anda membutuhkan mereka untuk akhirnya membeli apa yang Anda jual. Oleh karena itu, komunitas sosial online sangat berguna untuk banyak hal, termasuk memberikan satu sama lain apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Anda ingin hubungan Anda saling menguntungkan.

Baik Anda memulai komunitas sosial online atau bergabung dengan yang sudah ada, pendekatan Anda akan sama (kecuali beberapa tanggung jawab administratif yang mungkin Anda miliki jika Anda mendirikan komunitas). Penting untuk diingat bahwa Anda tidak sendirian dalam hal ini, apa pun yang terjadi. Sebuah komunitas adalah sekelompok orang yang memiliki satu atau lebih minat yang sama.

Media sosial adalah tulang punggung dari komunitas sosial online

Komunitas sosial sangat penting bagi keberhasilan sebagian besar bisnis. Ini adalah kasus klasik di mana satu tangan mencuci tangan yang lain. Bisnis membutuhkan komunitas sosial online untuk membantu mereka memperkuat aspek sosial institusi mereka. Di sisi lain, komunitas sosial online membutuhkan bisnis karena mereka perlu tempat untuk hidup dan berkembang. Bisnis dapat menyediakan forum dan platform yang tepat bagi komunitas sosial online tersebut. Sangat penting bagi Anda untuk diingat bahwa komunitas sosial online tidak hanya untuk penggunaan pribadi. Mereka sangat menguntungkan bagi bisnis juga.

Dari perspektif pemasaran, menggabungkan komunitas sosial online dengan bisnis benar-benar merupakan pernikahan yang sempurna. Komunitas-komunitas tersebut adalah kekuatan di balik upaya pemasaran yang sukses bagi bisnis. Beberapa hasil positif yang muncul dari aliansi tersebut adalah komunitas sosial online memungkinkan bisnis untuk:

  1. Membangun hubungan dan jaringan yang solid dan langgeng berdasarkan kepercayaan
  2. Mengumpulkan orang-orang yang dapat saling berbagi hubungan saling menguntungkan
  3. Berpartisipasi dalam keterlibatan aktif dan sukses
  4. Beragam komunitas sosial online

Komunitas sosial online yang Anda pilih untuk merek/bisnis Anda akan bergantung pada tujuan yang Anda inginkan. Tujuan tersebut akan mendorong Anda untuk memilih kelompok dan orang tertentu. Anda pasti memiliki banyak komunitas yang bisa dipilih. Komunitas yang Anda pilih dapat membantu memenuhi kebutuhan pemasaran bisnis Anda.

Sekarang setelah Anda memahami bagaimana komunitas sosial online bekerja (lebih atau kurang), penting bagi Anda untuk memahami bahwa keterlibatan adalah bagian penting dari fungsi komunitas yang sukses. Anda harus ingat bahwa meskipun komunitas tersebut bersifat sosial, bukan berarti bisnis Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari mereka sebagaimana yang Anda harapkan. Bahkan, ada banyak alat efektif yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dari keterlibatan Anda dalam komunitas tersebut. Menariknya, mungkin ada aspek-aspek dalam komunitas Anda yang tidak jelas (atau bahkan tidak terlihat).

Sebagai contoh, jika Anda adalah anggota komunitas yang memiliki 2.000 anggota, Anda mungkin masih menemukan bahwa hanya 50 anggota yang aktif terlibat dalam diskusi dan interaksi lainnya. Kebenarannya adalah bahwa tidak setiap anggota memiliki keinginan untuk didengar. Beberapa orang hanya memiliki cukup minat untuk mendengarkan dan belajar, yang tentu saja, tidak masalah. Namun, Anda masih membutuhkan orang-orang yang lebih vokal daripada itu. Jika tidak, tidak ada yang akan berinteraksi tentang apapun. Anda akan ingin mendorong sebanyak mungkin anggota grup untuk berpartisipasi dalam diskusi yang terjadi, tetapi Anda tidak memiliki terlalu banyak kendali atasnya pada akhirnya. Ada banyak cara berbeda untuk melibatkan orang lain selain meninggalkan komentar atau pertanyaan yang memancing pikiran. Anda dapat membuat survei (dengan tiga hingga empat pertanyaan) atau mengadakan kontes dengan insentif (diskon pada produk dan/atau layanan Anda, hadiah tertentu, dll).


Berpartisipasi dalam komunitas sosial online tidak terjadi dengan sendirinya

Tidak diragukan lagi, Anda dengan jelas memahami bahwa komunitas sosial online melibatkan orang-orang. Platform dan forum yang digunakan membantu (Anda bahkan dapat mengatakan bahwa mereka penting), tetapi mereka masih tidak sepenting anggota komunitasnya. Bahkan, pilihan platform dan forum tidak sepenting anggota komunitas. Banyak platform/forum dapat digunakan oleh komunitas secara bersamaan. Salah satu manfaat tambahan dari menjadi bagian dari komunitas sosial online adalah memberikan dukungan yang Anda butuhkan untuk menyadari apa yang dilakukan oleh pesaing Anda dan untuk mengumpulkan intelijen kompetitif yang sangat berharga.

Kesimpulan

Efektivitas komunitas sosial online Anda tergantung, sebagian besar, pada anggota komunitas dan kemampuan mereka untuk menjadi sumber daya yang efektif. Pada gilirannya, Anda (dan setiap anggota) akan membantu satu sama lain untuk mendapatkan apa yang diperlukan dan diinginkan. Bagaimanapun, Anda semua adalah bagian dari komunitas yang sama (bayangkan sebagai keluarga) dan itulah yang dilakukan oleh keluarga. Mereka membantu satu sama lain kapan pun diperlukan. Anda dapat menggunakan komunitas sosial online Anda dengan banyak cara yang berbeda, termasuk membahas produk dan/atau layanan serta mendapatkan umpan balik yang berharga, yang akan membantu Anda membawa bisnis Anda ke tingkat selanjutnya.

Post a Comment for " Dampak Komunitas Sosial Online pada Bisnis Anda"